Selasa, 14 Maret 2017

Fungsi Media

FUNGSI MEDIA
Pengembangan media pembelajaran hendaknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran. Sehingga munculah  penggunaan media pembelajaran dengan  beberapa fungsi sebagai berikut:
1.     Fungsi Komunikatif
Media pembelajaran digunakan untuk meudahkan komunikasi antara penyampai pesan dan penerima pesan. Kadang-kadang penyampai pesan mengalami kesulitan ketika harus menyampaikan pesan dengan hanya mengandalakan bahasa verbal saja. Demkian juga penerima pesan sering mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang disampaikan, khususnya materi-materi yang bersifat abstrak.
2.     Fungsi Motivasi
Dengan menggunakan media pembelajaran, diharapkan siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran tidak hanya mengandung unsur artistik saja tetapi juga memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran sehingga dapat lebih meningkatkan gairah siswa untuk belajar.



3.     Fungsi Kebermaknaan
Melalui penggunaan media, pembelajaran dapat lebih bermakna, yakni pembelajaran bukan hanya dapat meningkatkan penambahan informasi berupa data dan fakta sebagai pengembangan aspek kognitif tahap rendah, akan tetapi dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menganalisis dan mencipta sebagai aspekkognitif tahap tinggi. Dan dapat meningkatkan aspek sikap serta ketrampilan.
4.     Fungsi Penyamaan Persepsi
Walaupun pembelajaran disetting secara klasikal, namaun pada kenyataannya proses belajar terjadi secara individual. Saat ada 40 siswa dikelas maka terdapat 40 persepsi yang berbeda. Dengan melalui pemanfaatan media pembelajaran, diharapkan dapat menyamakan persepsi tersebut, sehingga setiap siswa memiliki pandangan yang sama terhadap informasi yang disuguhkan.
5.     Fungsi Individualitas
Pemanfaatan media pembelajaran berfungsi untuk dapat melayani kebutuhan setiap individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda.




Adapun fungsi lain dari  media dalam media pembelajaran, antara lain:
1.     Menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan perantara gambar, potret, slide, film, video atau media yang lain.
2.     Mengamati benda atau peristiwa yang suka dikunjungi baik karena jaraknya jauh, berbahaya atau terlarang. Contohnya video tentang kehidupan harimau dihutan.
3.     Memperoleh gambaran yang jelas tentang benda/hal-hal yang sukar diamati secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan, baik karena terlalu besar atau kecil. Misalnya dengan slide dan film siswa memperoleh gambaran tentang bakteri, ameba dan sebagainya.
4.     Mendengar suara yang sukar ditangkap dengan telinga secara langsung.misalnya rekaman suara denyut jantung.
5.     Mengamati dengan teliti binatang-binatang yang sukar diamati secara langsung karena sukar ditangkap. Dengan bantuan gambar, potret,slide, film, video.
6.     Mengamati peristiwa yang jarang terjadi atau berbahaya untuk didekati, misalnya pelangi, bencana alam.
7.     Mengamati dengan jelas benda yang mudah rusak atau sukar diawetkan. Dengan menggunakan model atau benda tiruan siswa dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang organ tubuh bagian dalam manusia.
8.     Dengan mudah membandingkan sesuatu yang berbeda.
9.     Dapat meihat secara cepat sesuatu proses yang berlangsung secara lambat, contoh proses perkembangan katak.
10.                        Dapat melihat secara lambat gerakan yang berlangsung secara cepat, contoh gaya lompat tinggi, teknik loncat indah yang disajikan secara lambat.
11.                        Mengamati gerakan mesin atau alat yang sukar diamati secara langsung. Contoh jalannya mesin 4 tak, 2 tak dan sebagainnya.
12.                        Melihat bagian yang tersembunyi dari suatu alat, dengan diagram, bagan, model siswa dapat mengamati bagian mesin yang sukar diamati secara langsung.
13.                        Melihat ringkasan dari suatu pengamatan yang panjang atau lama.
14.                        Dapat menjangkau audience yang besar jumlahnya dan mengamati suatu objek secara serempak. Mendengarkan siaran radio atau televisi pada waktu yang sama,
15.                        Dapat belajar sesuai dengan kemampuan, minat dan temponya masing-masing. Contohnya penggunaan modul.
Sumber:
Daryanto.Media Pembelajaran.Gava Media: Yogyakarta.2013.
Sanjaya,Wina.Media Komunikasi Pembelajaran.Prenadamedia       Group:Jakarta.2012.
Arsyad,Azhar. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada:Jakarta.2011.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar