Klasifikasi dan Karakteristik Media
A.
Klasifikasi Media
Media pembelajaran dapat diklasifikasikan tergantung dari sudut
mana melihatnya, antara lain:
a.
Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi menjadi 3, antara lain”
1.
Media Auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau
media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio, dan rekaman suara.
2.
Media Visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak
mengandung unsur suara. Yang termasuk kedalam media visual adalah film slide,
foto, transparansi, lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak
seperti media grafis dan lain sebagainya.
3.
Media Audiovisual,yaitu jenis media yang selain mengandung unsur
suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video,
berbagai ukuran film, slide suara dan sebagainya. Kemampuan media ini dianggap
lebih menarik dan lebih baik, karena mengandung kedua unsur jenis media pertama
dan kedua.
b.
Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dibagi menjadi:
1.
Media yangmemiliki daya input yang luas dan serentak seperti radio
dan televisi. Melalui media ini siswa dapat mempelajari hal-hal atau
kejadian-kejadian yang aktual secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan
khusus.
2.
Media yang mempunyai daya input yang terbatas oleh ruang dan waktu,
seperti film slide, film, video dan lain sebagainya.
c.
Dilihat dari cara atau teknik pemakaiannya, media dibagi menjadi:
1.
Media yang diproyeksikan seperti film, slide, film strip,
transparansi dan lain sebagainya. Jenis media yang demikian memerlukan alat
proyeksi khusus seperti film projector untuk memproyeksikan film, slide
projector untuk mmproyeksikan film slide, operhead projector (OHP) untuk
memproyeksikan transparansi. Tanpa dukungan alat proyeksi semacam itu, maka
media semacam ini tidak dapat berfungsi.
2.
Media yang tidak diproyeksikan, seperti gambar, foto, lukisan,
radio dan lain sebagainya.
Menurut
Rudy Brets, ada 7 klasifikasi media, yaitu:
1.
Media audio gerak, seperti film suara, pita video, film tv.
2.
Media audiovisual diam, seperti film rangkai suara.
3.
Audio semigerak, seperti tulisan jauh bersuara.
4.
Media visual bergerak, seperti film bisu.
5.
Media visual diam, seperti halaman cetak, foto, microphone, slide
bisu.
6.
Media audio, seperti radio, telepon, pita audio.
7.
Media cetek, seperti buku, modul, bahan ajar mandiri.
Disamping itu, ada juga yang mengelompokkan media dengan membedakan
antara media rumit mahal (big media) dan media sederhana murah (little media).
Katagori big media, antara lain komputer, film, slide, program video. Sedangkan
little media antara lain: gambar, realitas sederhana, sketsa, dan sebagainya.
Selain itu adapula pembagian media menurut Klasek antara lain, media visual,
media audio, media display, pengalaman nyata dan simulasi, media cetak, belajar
terprogram, pembelajaran melalui komputer (Program Computer Aided
Istrtruction).
B.
Karakteristik Media
1.
Media Grafis (Visual Diam)
Media ini termasuk katagori media visual diam nonproyeksi yang
berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru
kepada siswa). Media ini menuangkan pesannya dalam bentuk tulisan, huruf-huruf,
gambar-gambar, dan simbol-simbol yang mengandung arti. Misalnya
a.
Gambar/Foto
Media ini sering digunakan karena memiliki kelebihan, ydaitu sifatnya
konkret, lebih realistis dibandingkan dengan media verbal, dapat memperjelas
suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua, murah
harganya dan tidakmemerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya. Namun media
ini harusmenekankan persepsi indra mata dan ukurannya sangat terbatas untuk
kelompok besar.
b.
Diagram
Diagram adalah gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan
simbol-simbol untuk meneunjukkam hubungan antar komponen atau menggambarkan
suatu proses tertentu dengan sifatnya yang kompleks sehingga pesan dapat lebih
mudah ditangkap dan dipahami.
c.
Bagan
Bagan atau chart adalah media grafis yang didesain untuk menyajikan
ringkasan visual secara jelas dari suatu proses yang penting. Agar pesan yang
ingin disampaikan dapat dimengerti dan mudah dipahami, biasanya dalam bagan
disertai dengan media grafis lainnya, seperti gambar, foto atau lambang verbal
lainnya. Bagan dianggap baik jika berbentuk sederhana, tidak rumit dan tidak
berbelit-belit. Contohnya bagan pohon (three chart), bagan akar (root chart),
bagan arus (flow chart).
d.
Poster
Poster adalah bagian yang digunakan untuk menyampaikan suatu
informasi, saran atau ide tertentu, sehingga dapat merangsang keinginan yang
melihatnya untuk melaksanakan isi pesan tersebut. Poster yang baik harus mudah
diingat, mudah dibaca, dan mudah untuk ditempelkan dimana saja. Misalnya poster
tentang keluarga berencana, tentang kebersihan, tentang ajakan menghemat air,
dan sebagainya.
e.
Grafik (Graph)
Grafik adalah media visual berupa garis atau gambar yang dapat
memberikan informasi mengenai keadaan atau perkembangan sesuatu berdasarkan
data secara kuantitatif. Macam-macam grafik yakni, grafik garis, batang dan
lingkaran. Contoh data statistik dengan grafik, grafik tentang perkembangan
penduduk, dan perkembangan jumlah siswa.
2.
Media Proyeksi
Media proyeksi adalah media yang dapat digunakan dengan bantuan
proyektor atau alat elektronik untuk menampilkan informasi atau pesan. Media
ini juga mengandalkan rangsangan visual. Beberapa jenis media yang sering
digunakan diantaranya film bingkai (slide), Over Head Tranparansi, Opaque
Projector, Microfis, dan video.
3.
Media Audio
Media audio adalah media atau bahan yang mengandung pesandalam
bentuk auditif (pita suara atau piringan suara) yang dapat merangsang pikiran
dan perasaan pendengar sehingga terjadi proses belajar. Media auditif cocok
untuk mencapai tujuan yang bersifat kognitif berupa data dan fakta atau mungkin
konsep dan tujuan yang berhubungan dengan radio, alat perekam pita magnetik,
piringan hitam, atau laboratorium bahasa.
4.
Media Komputer
Komputer adalahjenis media yang secara visual dapat menyediakan
respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Selain itu
komputer juga mamiliki kemampuan memyimpan dan memanipulasi informasi sesuai
kebutuhan. Saat ini teknologi komputer tidak hanya digunakan sebagai sarana
komputerisasi dan pengolahan kata tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia
yang memungkinkan peserta didik dapat membuat desain dan rekayasa suatu konsep
dan ilmu pengetahuan. Beberapa bentuk penggunaan komputer sebagai media yang
dapat digunakan dalam pembelajaran, meliputi penggunaan multimedia presentasi,
CD multimedia interaktif, pemanfaatan internet.
Sumber
Wina,
Sanjaya.Strategi Pembelajaran.Prenadamedia Group:Jakarta.2006.
Wina,
Sanjaya. Sistem Pembelajaran.Prenadamedia Group:Jakarta.2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar